Koperasi Kredit CU. Melati
Jalan A. R Hakim ( Gg. Turi I ) No. 29B Beji Timur
Depok 16422
Tlp. 021 7721.1837 - 021 7520.226
Fax. 021 7721.1837
e mail : kopdit_melati@yahoo.com
Sejarah
Singkat Berdirinya Koperasi CU.Melati
Pada tahun 1985 berdiri Koperasi Kredit Simpan Pinjam
(KOSIPA) yang merupakan cikal bakal Credit Union Melati. Pada tahun 1987
beberapa anggota koperasi simpan pinjam mendapatkan pendidikan dasar manajemen
koperasi kredit dari puskopdit Bogor Banten di Cilangkap/Cibinong.
Namun beberapa tahun kemudian tepatnya pada tahun 1990
berdiri Credit Union Melati di Depok dengan anggota semua peralihan dari
KOSIPA. Kopdit melati didirikan dengan suatu dorongan kuat dari anggota nggota
untuk swadaya dalam keuangan, berpendidikan koperasi kredit serta solidaritas
antar sesama.
Koperasi Kredit (CU) Melati berupaya memberikan solusi
kepada para anggota dan pengusaha yang bergerak di bidang usaha kecil menengah
untuk mengembangkan usahanya dengan memberikan kredit dan pinjaman lunak serta
produk-produk dan simpanan yang menguntungkan bagi para anggota.
Anggota berasal dari Depok dan sekitarnya juga
meliputi Jabotabek, maupun luar kota. Bagi anggota yang berdomisili di luar
kota, memanfaatkan bank to bank link guna membayar kewajiban
kewajibannya atau transfers uangnya. Semua data anggota Kopdit Melati diolah
secara komputerisasi, sehingga kebutuhan analisa anggota dapat diperoleh
secepatnya, termasuk anggota anggota yang sudah meninggal dunia, keluar dan catatan
catanan lain lain tentang anggota, pekerjaan, umur, dll.
Sejak tahun 2004 Kopdit Melati memperbaiki Badan
Hukumnya dari koperasi serba usaha menjadi kredit (Credit Union) dengan
nomor : 116/BH/PAD/KUKM/1.2/IV/2004. Komunikasi antar anggota, kopdit melati
menerbitkan buletin bulanan guna menyebarkan informasi ke anggota serta sarana
pendidikan secara tak langsung dan pertanggungjawaban pengurus/manajemen atas
kinerja bulanannya.
Visi dan
Misi Koperasi CU.Melati
·
Visi
Kopdit CU.Melati yang kuat,profesional,mengutamakan
pelayanan,pendidikan, swadaya modal berdasarkan nilai-nilai jati diri koperasi.
·
Misi
1.
Membantu
terciptanya lapangan pekerjaan bagi para anggota.
2.
Meningkatkan
bertambahnya anggota dengan syarat pendidikan yang memadai.
3.
Memperkokoh
struktur organisasi Kopdit dengan pelayanan di segala bidang.
Atau misi
tersebut dapat juga dijabarkan dengan :
M
= Maju, memajukan
dalam segala bidang koperasi, SDM, Asset, Audit, Pendidikan/Pelatihan
dan kepedulian terhadap sesama anggota.
A
= Aman,
yaitu rasa aman dalasmmeletakan uang di kopdit dari masalah korupsi,
kecurangan, kemacetan tagihan, serta investasi
U = Untung,
yaitu uang aanda akan mendapat keuntungan laba setiap saat, serta nilai tambah
dapat diterima pada akhir tahun.
Tujuan
· Terwujudnya kepercayaan masyarakat
terhadap Kopdit CU Melati
· Tercapainya pangsa pasar Kopdit CU
Melati
· Terwujudnya Pengembangan organisasi
pemasaran
· Terlaksananya deversifikasi
produk-produk Kopdit
· Terwujudnya tempat pelayanan anggota
Jenis Simpanan
Dan Pinjaman Yang Ada Di Koperasi CU Melati
Produk
Simpanan terdiri dari
·
Simpanan
Pokok ( SP )
·
Simpanan
Wajib ( SW )
·
Simpanan
Sukarela ( SS )
·
Simpanan Khusus Berjangka ( SIKHUJANG )
·
Simpanan
Bunga Harian (SIBUHAR)
·
Simpanan
Manfaat Masa Depan (SIMAPAN )
·
Simpanan
Kapitalisasi (SIPITA).
·
Simpanan
Dana Sehat (SISEHAT )
·
Simpanan Swadaya Berhadiah (SISWADA )
Produk
Pinjaman terdiri dari :
·
Pinjaman Biasa ( PISA )
·
Pinjaman
Darurat ( PIJAT )
·
Pinjaman
Angsuran Harian ( PIJAR )
·
Pinjaman
Angsuran Harian Mikro ( PINJARO )
Kegiatan
Yang Pernah Di Ikuti Oleh Koperasi CU Melati
Pernah mengikuti kelas pelatihan, penyuluhan,
lokakarya, atau workshop dimana pembicaranya selalu berbicara dengan nada datar
alias monoton, lalu Anda terkantuk-kantuk dibuatnya? Pernah mengikuti kuliah
atau mata pelajaran yang dosen atau gurunya justru bikin bete? Pernah
mendengarkan ceramah atau kotbah rohaniwan tapi materinya muter-muter dan malah
ngga masuk di kepala?
Saya tidak mau membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan
di atas. Tapi yang pasti, saya mau menjawabnya untuk diri saya sendiri. “Tentu
saja pernahhh!!!” Bertolak dari itu, ketika saya menggeluti pekerjaan sebagai
fasilitator, saya memancangkan niat untuk tidak menjadi fasilitator yang bikin
bosan, bikin bete, dan bikin pusing. “Jadilah fasilitator yang selalu bikin
orang happy, Bung!” demikian perintah saya pada diri sendiri.
Apa saja
kelebihan atau keunikan dari koperasi kredit ini ?
Barangkali
tidak ada usaha yang fokusnya pada para pemilik usaha tersebut, kecuali usaha
Credit Union. Hal ini disebabkan, pemilik usaha adalah juga pengguna jasa
seluruhnya. Uniknya di Credit Union adalah pemilik usaha juga anggota semua
Credit Union.
Credit Union
sangat melindungi anggota dalam simpanannya dan ketidakmampuan mengembalikan
pinjaman kalau meninggal dunia sewaktu-waktu, dengan cara simpanan dan pinjaman
dilindungi dengan semacam asuransi yang disebut Dana Perlindungan Bersama
(DAPERMA). Hal ini guna menghindari agar anggota yang meninggal dunia tidak
membebani utang pada ahli waris.
Apa saja manfaat yang didapat setelah beberapa anggota
bergabung dalam koperasi CU Melati ini ? salah satunya adalah anggota yang
mendapatkan pinjaman dari koperasi tersebut (Anggun)
1. Memperoleh dan bantuan kesehatan
sebesar Rp.1.200.000,saat saya di rawat di rs pada tahun 2009 silam
2. Memperoleh pinjaman termasuk
pinjaman untuk modal saya memulai bisnis yaitu Das Xp House Cleaning Service
·
Credit Union
hanya melayani anggotanya
·
Modal CU
berasal dari anggota, dipinjam untuk para anggota dan dikelola oleh anggota
·
Diawali
dengan pendidikan CU, dikawal dengan pendidikan dalam usaha dan dikontrol
dengan pendidikan
·
Menganut
Trilogi, Solidaritas – Pendidikan dan Swadaya
·
Menganut
Jatidiri koperasi yang mendunia
·
Selalu adil
dalam mengelola uang anggota
·
SHU dibagi
sesuai AD dan ART
·
Berbadan
Hukum dan patuh pada UU Koperasi
·
Menjalankan
5 wajib dengan perekat Puskopditnya
·
Perlu dan
mampu menjadi Kopdit Ideal
·
Memiliki
payung Daperma sebagai Asuransi Pinjaman & Tabungan
·
Penentuan
suku bunga selalu amanah anggota
·
Selalu dan
pasti tumbuh terus mengikuti konsentrasi anggota
·
Menabung
adalah tujuan utama masuk CU
·
Semua
Tabungan mendapat jasa/Bunga yang layak
Pelayanan
apa saja yang sudah dicapai sampai saat ini ?
·
Pelayanan
Simpanan
·
Pelayanan
Pendidikan Koperasi
·
Pelayanan
Asuransi intern
·
Pelayanan
Konsultasi dan Informasi
·
Pelayanan
Beasiswa
·
Pelayanan
Pinjaman
·
Pelayanan
dana kesehatan
·
Pelayanan
dana hari tua
·
Pelayanan
dana kecelakaan
·
Pelayanan
melalui Media Buletin
·
Pelayanan
melalui Media Website
·
Pelayanan
membayar pajak
·
Pelayanan
menabung anak sekolah
·
Pelayanan
kewirausahaan
0 komentar: